Translate

Monday, April 8, 2013

Review Psikologi Industri 1


Asslammualiku wr.wb
Kenalan dulu ya J nama saya Nurul Rizkiyani a.k.a Kiki saya mahasisiwi semester 2 Universitas pancasila. Langsung ke topik ya J
Jakarta 4 april 2013, saya baru sampai kampus tercinta sekitar jam 19.00 sedangkan kuliah udah dimulai dr jam 18.15, kenapa saya bisa telat?
Pertama : start poin perjalanan saya dari kantor di kota bogor yg bru bubar jam 17.00. lalu saya dan teman teman bergegas naik angkutan umum nomor 19 jurusan stasiun cilebut. Dan tau ga? Lama bgt kita nunggu angkot bernomer langka itu. Kenapa langka? Soalnya angkot itu ada paling cepet  skitar 15menit sekali, dan kita nunggu sekitar 20menit.
Kedua : udah naik angkot itu dikira bakal lancar taunya apa cobaaa? Maceeeeeet!!! -____- alhasil baru sampe stasiun sekitar jam 18.00
The last : kita nunggu kereta commuterline gaada kendala sih lancar dan sampe kampus sekitar jam 18.50 udah gitu kita buru buru ngejar waktu magrib dan alhasil baru masuk kelas jam 19.00 heheheh maapin kita ya pak!
 Hari itu mata kuliah Psikologi Industri dosennya pak Seta Nugroho (nb: jangan disingkat!)
kita sedikit ketinggalan pembukaan bahasan pertama mata kuliah karena telat tadi -____- soalnya ini pertemuan pertama di awal semester 2.
Dari pertemuan di mata kuliah tsb ilmu dan wawasan saya bertambah.
Pembahasan pertama membahas mengapa kita belajar Psikologi industri? Apasih Psikologi industri itu? Menurut skema organisasi :
                                                         

Dalam satu lingkaran dibagi dua ada manusia dan system yg berlangsung, manusia identik dengan pembelajaran tentang psikologinya yaitu sikap atau tingkah laku, sedangkan system dengan pembalajaran manangementnya. Pembelajaran tentang perilaku sikap manusia dalam suatu organisasi kerja pada suatu system management (lingkungan kerja) agar tercapainya tujuan yg diinginkan dinamakan Psikologi Industri.
Dari situ saya jadi tau pelajaran ini sangat penting buat kedepannya kenapa? kita bisa tau bagaimana memberi kenyamanan lingkungan kerja kepada partner kerja kita agar betah bekerja sama dengan kita.
Pembahasan selanjutnya mengenai keinginan dan kebutuhan. Apa perbedaan diantara mereka???
Jadi gini, keinginan itu segala sesuatu yg dibutuhkan oleh seseorang dan apabila tidak dipenuhi tidak akan mempengaruhi kelangsungan hidup orang tsb, sedangkan kebutuhan itu segala sesuatu yg dibutuhkan oleh seseorang dan apabila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup orang tsb. Bicara tentang kebutuhan manusia, kebutuhan manusia dibagi menjadi :



Penjelasan :
1.       Fisik : kebutuhan mendasar manusia mangenai fisik seperti sehat wal afiat dan fit agar dalam menjalani kelangsungan hidupnya lancar. Agar fisik sehat didukung dengan kegiatan yg sehat pula seperti olahraga, menikah (tela’ah sendiri ya! hehehe), dll
2.       Keamanan : manusia membutuhkan rasa aman dalam menjalani hidupnya agar dalam melakukan kegiatan sehari-harinya tidak merasa terancam dan gelisah.
3.       C.I.N.T.A : manusia diciptakan oleh Allah S.W.T secara berpasang pasangan. cinta memang pelengkap rasa bahagia manusia dalam menjalani hidup ini tidak hanya dr pasangan kita namun dari orang-orang disekitar kita seperti keluarga, sahabat, dll.
4.       Self estim : perkiraanatau penilaian  terhadap kemampuan diri kita.
5.       Aktualisasi diri : ketepatan seseorang dalam menempatkan dirinya sesuai dengan kemampuan yang ada di dalam dirinya .

Pembahasan-pembahasan diatas merupsksn review yang saya ambil dari hasil pertemuan saya dan teman teman di mata kuliah Psikologi Industri dengan Bpk. Seta Nugroho pda tgl $ april 2013. Semoga bermanfaat J.
Wassalammualaikum wr.wb 

1 comment:

  1. Walaikumsalam....senang rasanya dapat teman penulis blog....luar biasa ulasannya komprihensif, tetap semangat dengan berbagai tantangannya baik di jalan ataupun di perkulihan...tetap berbagi dan salam SOBAT!

    ReplyDelete