Translate

Sunday, May 19, 2013

Rekrutmen dan Seleksi ( Review Psikologi Industri - 3)


Assalammualaikum semua ketemu lagi nih kita, saatnya saya kembali nge-share pengalaman dan ilmu baru tentang apa yang saya pelajari di mata kuliah Psikologi Industri by Pak seta, Sabtu 11 mei 2013 yang lalu.
Mau curhat dikit tentang apa aja yg terjadi hari sabtu sebelum matkul PI boleh kali yaaaaa hehehe.

Jadi gini saya berangkat kuliah dari rumah sekitar jam 07.15 am dan sedikit terburu-buru ngejar kereta yg pemberangkatan sekitar jam 07.42 am dari bogor. Dan alhamdulillahnya saya sempet naek kereta yg itu. Terus saya sampe kampus sekitar jam 08.30 am dan saya belajar dulu sama teman teman yg lain karena ada UTS Mekanika Teknik alhamdulillah saya dan teman teman yg lain bisa ngerjain soalnya J semoga nilainya memuaskan ya amin!. Terus siangnya ada mata kuliah kalkulus 2 dan seharusnya adalah mata kuliah Pegetahuan Lingkungan setelahnya. Tapi dosen PL nya berhalangan. Seneng tuh bakal pulang cepet. Dan gilang (ketua kelas) dateng.......

“Temen-temen jangan pulang dulu kita dr jam 7 sampai jam 9 ada matkul” kata gilang

“APAAAAAAAAA?!!!!!!” kata kita semua

“Iya dan UTS jadi harus dateng yaaaa. Kita bakal UTS Psikologi Industri” kata gilang

Kita semua tercengang sebentar. Tapi seenganya ke-kaget-an kita mereda karena untungnya matkul tambahannya Psikologi Industri soalnya fun pelajarannya. Coba kalo Fisika sulit itu sulit...........
Oke kita langsung ke pembahasan aja ya. Jadi ilmu baru yang saya dapet setelah UTS berlalu dan sharing session setelahnya dengan pak Seta, yaitu :

·         Hubungan antara Psikologi dan Industri

Psikologi Industri mengacu pada proses perilaku pada suatu organisasi, misalnya ketika mengevaluasi hubungan seseorang dengan pekerjaan mereka. Mereka menganalisis cara seseorang bekerja, keterampilan mereka, tugas, kewajiban, dan umum kepuasan dengan pekerjaan mereka sehari-hari.

Informasi ini sangat membantu untuk sumber daya manusia departemen dan pengawas perusahaan atau industri yang harus membuat program pelatihan, dan manfaat sistem umpan balik, dan membuat keputusan perekrutan serta terlibat dalam praktek-praktek perekrutan. Sebagian besar perusahaan menggunakan psikolog industri untuk melatih staf mereka sendiri sehingga organisasi dapat berjalan lancar dan pada kapasitas puncak.

PELAJARAN INI MEMANG PENTING BANGEEETTTTT!!!! (ga selow)

·         Penyebab seseorang ga betah sama pekerjaannya di suatu industri sedangkan semua fasilitas dan materi dangan memadai

Menurut saya yang menyebabkan seseorang betah dengan pekerjaannya bukan hanya dilihat dari segi materi dan fasilitas yang memadai. Suasana lingkungan kerja, passion dan partner kerja juga sangat mempengaruhi kebertahanan seseorang dalam menjalani suatu pekerjaan. Kita bahas pertama dari segi lingkungan kerja, kalau dari segi materi sangat dipenuhi bahkan lebih dari cukup namun lingkungan kerja tidak nyaman seperti sering mendapat tekanan dari atasan dimarahin terus, dll lama lama juga ga bakal betah. Saya juga pasti gitu lah. 

Kedua passion kalo misalnya kita kerja posisi sebagai analis padahal passion kita bukan disitu misalnya lebih ke arah seni kaya nyanyi, design baju, atau bahkan mau bikin butik atau online shop (curhat) pasti ga bakal bertahan lama di pekerjaan tersebut karena kita kerja Cuma berdasarkan instruksi aja tanpa menjiwainya. Suatu pekerjaan pasti fun dan senang untuk dijalani karena emang passion kita di bidangnya. Ketiga partner kerja kalo partner kerja kita ga asik senengnya marah marah mulu cari muka depan atasan pasang tampang gaenak terus emang betah kerja bareng sama orang kaya gitu? Ih amit amit ya hahaahahah. Begitulah kurang lebihnya.

Dua hal tersebut merupakan 2 dari 4 soal yg pak Seta keluarin pada saat UTS. Sekarang kita bahas materinya yaa. Cusssss..............
Jadi sabtu kemaren ngebahas tentang Rekruitment dan Seleksi. Jadi gini :

Apa itu Rekrutment dan Seleksi ?

Perekrutan seleksi adalah proses menghasilkan atu kelompok pelamar yang memenuhi syarat untuk pekerjaan-pekerjaan organisasional dan proses dimana pemilihan orang-orang yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan.
Tujuan dari rekrutmen adalah mendapatkan calon karyawan sebanyak mungkin sehingga memungkinkan pihak manajemen (recruiter) untuk memilih atau menyeleksi calon sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh sekolah. Semakin banyak calon yang berhasil dikumpulkan maka akan semakin baik karena kemungkinan untuk mendapatkan calon terbaik akan semakin besar.

Biasanya dalam proses perekrutan itu pasti ada interview kan sama orang HRD. Dan mereka nanya nanya orang yang direkrut biasanya berdasarkan CV yg mereka apply ke perusahaan tersebut. Ngomong-ngomong soal CV. Apa sih CV itu? CV (Curriculum Vitae) yaitu dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya.  Ini dari CV itu harus sesuai sama kebutuhan perusahaan. Misalnya perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang akan diposisikan sebagai analis, berarti orang yg melamar tersebut harus mencantumkan pengalaman dan keunggulannya yg berhubungan dengan posisi tersebut. Jangan malah mencantumkan di keunggulannya dibidang yg sama sekali tidak berhubungan dengan posisi yg dibutuhkan seperti juara lomba menyanyi atau menggambar. Ngedenger pak seta ngomong gitu saya ketawa-tawa sendiri soalnya saya adalah salah satu orang yang pernah nge-apply CV ke suatu perusahaan dan mencantumkan “juara lomba menyanyi dan menggambar” dalam CV saya. Kenapa saya nyantumin kata kata itu? Soalnya saya bingung prestasi apa yang udah saya raih saking sedikitnya hahaha ampe yang ga penting kaya gitu dicantumin. Hahahahah dasar!

Tapi alhamdulillahnya saya dipanggil buat wawancara bahkan saya dibilang gini sama recuiternya “kamu mau jadi artis ya?” dengan polosnya saya bilang semoga aja suatu hari nanti. Hahahahahahahahaahaha!. Dan lebih alhamdulillahnya lagi saya diterima kerja dan masih bekerja di perusahaan tersebut SAMPAI SAAT INI (emang udah rejeki kali yaaaaaa)

Tapi lain kali kalo temen-temen bahkan saya sendiri meng-apply CV harus singkron dan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan tersebut ya jangan sampe diluar konteks yang dibutuhkan. Sekian ya sharing session kita semoga bermanfaat.

 Assalammualaikum semua sampai ketemu di sharing-sharing session berikutnyaa J





No comments:

Post a Comment